Mengatasi FlashDisk Tidak Bisa Diformat




FlashDisk  sering menggunakannya untuk berbagai keperluan, mungkin kamu pernah mengalami salah satu masalah umum pada FlashDisk berikut, yaitu FlashDisk tidak bisa diformat. Terdapat beragam penyebab dari masalah ini. Bisa saja hal tersebut disebabkan kerusakan hardware, karna terdapat komponen elektronik yang rusak, patah, korslet, dan sebagainya. Namun bisa juga disebabkan oleh data yang corrupt, partisi yang rusak, maupun ulah virus komputer. Berikut adalah merupakan penanganan  FlashDisk yang mengalami kerusakan dari segi software, program, atau sistem. FlashDisk tidak bisa diformat?

HP USB Disk Storage Format Tool. Aplikasi ini dibuat oleh Hewlett Packard, sebuah perusahaan elektronik yang juga merupakan salah satu produsen FlashDisk terbesar di dunia. Aplikasi ini mampu menjadi solusi jika FlashDisk yang tidak dapat diformat menggunakan cara yang biasa, yaitu menggunakan disk format bawaan Windows. Sebab, disk format bawaan Windows memiliki kemampuan yang terbatas.


  1. Kunjungi Link Berikut : http://goo.gl/jqSib0
  2. Download HP USB Disk Storage Format Tool.
  3. Masukan FlashDisk kamu ke PC atau laptop kamu lewat port USB .
  4. Buka aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool telah download, klik kanan, lalu pilih "Run as administrator".
  5. Setelah programnya terbuka, pada bagian "Device", pilih drive USB yangtelah kamu masukan. 
  6. Pada bagian "File System", pilih "FAT32" yang merupakan sistem file standar untuk USB FlashDisk.
  7. Pada bagian "Volume Label", isi dengan nama yang kamu inginkan.
  8. Lalu centang kotak kecil di samping tulisan "Quick Format".
  9. Untuk memulai proses format, klik "Start".
  10. Akan muncul Warning box untuk memperingatkan kamu bahwa semua data yang mungkin masih tersimpan dalam FlashDisk akan hilang tak bersisa. 
  11. Kemudian  Klik "OK" 
  12. Tunggu sebentar sampai prosesnya selesai.
  13. Sekarang FlashDisk kamu sudah seperti baru lagi.

Cara menggunakan HP USB Disk Storage Format Tool ini sama persis dengan penggunaan disk formatter bawaan Windows. Bedanya, aplikasi ini mampu memeriksa kesalahan-kesalahan yang mungkin terdapat pada USB FlashDisk kamu dan memperbaikinya, serta melakukan proses format dengan cepat dan aman.