Tips Aman Untuk Terhubung Ke Wifi Publik



1. Jangan Sembarangan Konek WiFi

Terhubungan dengan jaringan WiFi memang jadi cara tepat untuk hemat kuota. Tapi, tidak semua koneksi WiFi itu aman. Salah-salah, malah isi percakapan dan data penting di smartphone kamu bisa dicuri hacker! Jadi, jangan asal konek WiFi di tempat umum ya.

2. Buat Password Minimal 12 Karakter



Menurut OurMine Team, password Mark Zuckerberg untuk beberapa akun sosial medianya adalah "dadada". Ini menunjukan bahwa sekelas CEO Facebook pun masih menggunakan password yang mudah untuk diretas. Apa kamu juga menggunakan password ringan seperti itu?
Luangkan waktu untuk membuat pasword yang panjang agar kuat. Buatlah password minimal 12 karakter.

3. Gunakan Kombinasi Karakter Khusus



Selain hanya 6 karakter huruf, password, Tanpa adanya karakter khusus di password sosial media kamu, seseorang bisa menggunakan cara "Dictionary Attack" atau menggunakan kata-kata di kamus untuk meretas password milikmu. Makanya coba gunakan kombinasi huruf upper case dan lower case, angka, dan karakter khusus seperti @, %, ^, &, atau ***** untuk membuat password yang kuat . Jika bingung bagaimana cara membuat password yang anti hacker, kamu bisa gunakan bantuan aplikasi atau web password generator.

4. Beda Akun, Beda Password


Jangan gunakan password yang sama untuk beberapa akun sosial media kamu. Satu akun sosial media atau email, satu password khusus. Kamu juga gak nyaman kan kalo di rumah ada 1 kunci yang bisa membuka semua pintu kamarmu?

5. Jangan Gunakan Nama dan Tanggal Lahir Sebagai Password



Haram hukumnya bagi kamu menyimpan tanggal lahir lengkap di Facebook atau akun sosial media kamu, lalu menggunakannya sebagai password. Karena ini tentu akan memudahkan untuk meretas akun sosial media milikmu. Plus, jangan pernah gunakan nama pacar atau nama siapapun sebagai password!

6. Gunakan Password Manager


Bagi kebanyakan orang, menggunakan password yang sama untuk berbagai sosial media itu tujuannya agar mudah diingat. Jika memang kamu adalah pengguna yang mudah lupa jika harus mengingat banyak password, coba gunakan bantuan aplikasi password manager seperti Dashlane atau Lastpass. Dashlane, LastPass Dan Password Manager Google Chrome, dan aplikasi password manager lainnya akan memudahkan kamu dalam mengelola banyak password. Dengan bantuan Password Manager setiap kali kamu hendak login sosial media, kamu gak perlu lagi ribet-ribet masukan password secara manual.

7. Selalu Hapus Cache


Saat berada di depan komputer, chatting dan menggunakan media sosial lebih seru pake komputer bukan? Agar password akun sosial media dan aplikasi chatting kamu selalu aman, selalu hapus cache browser kamu setelah selesai menggunakannya. Karena banyak  yang memanfaatkan cache dan cookie browser untuk meretas akun sosial media pengguna browser.

Itu dia hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan semua akun dan aplikasi kamu.