Tips Cara Mengamankan Akun iCloud


iCloud merupakan bentuk pengembangan dari trend teknologi terbaru dibidang jaringan yaitu komputasi awan. Dengan iCloud kamu dapat mensinkronisasi data seperti foto, musik, dan dokumen ke dalam iPhone, iPad, dan Mac. Bahkan, kamu bisa melacak, mengunci, dan menghapus seluruh data perangkat melalui iCloud. Ya, bisa dibilang akun iCloud adalah segalanya dan merupakan kunci dunia digital kamu.

Ini Adalah Beberapa Cara Mengamankan iCloud Dari Hacker atau Peretas
Berikut ini yang dimaksud cara mengamankan password iCloud dari hacker atau peretas ini adalah untuk menjaga keamanan iCloud.

  1. Ubah Password Secara Berkala
    Mengubah password adalah hal yang merepotkan. Terlebih lagi, ada lebih dari satu password yang harus kamu hafalkan. Namun, sekali lagi ditekankan bahwa untuk mengubah password secara berkala itu penting. Kamu tidak harus mengganti-ganti password setiap bulan, setidaknya beberapa kali dalam satu tahun. Buatlah password yang kuat yang bisa menjaga keamanan iCloud kamu. Gunakan setidaknya 12 karakter, semakin panjang semakin kuat dengan kombinasi acak dari huruf, angka, dan simbol.

    Untuk mengubah password iCloud, bisa dilakukan langsung dari iPhone, iPad atau perangkat iOS lainnya. Caranya buka Settings > Apple ID > Password & Security > Change Password.

  2. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah
    Mengubah password secara berkala dan membuat password yang kuat saja belum cukup. Guna menjaga keamanan iCloud dari para peretas, kamu perlu mengaktifkan verifikasi 2 langkah atau juga dikenal otentikasi dua faktor. Caranya buka Settings > Apple ID > Password & Security > Two-Factor Authentication. Lalu, masukkan nomor telepon kamu.

  3. Tambahkan Nomor yang Dipercaya
    Setelah verifikasi 2 langkah aktif, berikutnya setiap kali masuk ke akun iCloud, kamu akan memerlukan kode otentikasi enam digit yang dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon kamu. Nah kamu bisa menambahkan nomor telepon yang dipercaya lebih dari satu. Misalnya nomor telepon kedua kamu atau nomor pasangan kamu. Sehingga memudahkan kamu, jika sewaktu-waktu tidak membawa smartphone.

  4. Mengawasi Perangkat
    Ketika kamu login ke akun iCloud kamu dari berbagai produk Apple. Ada beberapa perangkat yang memang bisa dipercaya yakni dengan menerima kode verifikasi dari iCloud. Jika kamu melihat ada perangkat yang tidak kamu kenal, kamu bisa mengeluarkan akun iCloud dari perangkat tersebut. Jadi, sesekali cek daftar masuk ke iCloud kamu dan perangkat yang kamu gunakan. Caranya buka Settings > Apple ID, lalu geser ke bawah untuk meninjau daftar perangkat.
Jika kamu mempunya tips tetang menjaga keamanan Akun iCloud atau jika ada yang ditanyakan silahkan tinggalkan Komentar di bawah, Terimakasih.